Agrowisata Purworejo dan desa wisata bisa terwujud

image

Menjadikan Purworejo sebagai tujuan wisata sesungguhnya masih memungkinkan. potensi wisata sesungguhnya bukan hanya pantai, gua dan air terjun. Sisi kebudayaannya sebagai daerah agraris bisa menjadikan Purworejo daerah tujuan wisata budaya yang edukatif.

Sisi Agraris Purworejo sebagai sentra penghasil padi Jawa Tengah dapat menjadi potensi wisata persawahan. Semakin banyak desa desa disulap menjadi desa wisata yang mempersilakan wisatawan menikmati suasana desa yang sejuk dan ikut “nyemplung sawah” dan menjadikannya pengalaman tak terlupakan. Sebenarnya kegiatan wisata di sawah pun tidak hanya melulu menanam padi atau membajak pakai kerbau. menangkap ikan di saluran air di sawah dengan cara manual alias “tawu” bisa cukup menyenangkan bagi orang orang kota yang biasanya hanya melihat ikan beku di supermarket, atau memancing di pemancingan lesehan.

Memasak ala orang desa juga bisa menjadi materi desa wisata lainnya. membuat ayam ingkung, meracik bumbu ala desa, menguleg dengan cobek, atau ndeplok bumbu dengan alu, atau rujakan, minum degan fresh yang dipetik langsung dari pohon, petik buah di kebun dll, adalah pengalaman wisata yang cukup menyenangkan

Untuk daerah penghasil buah khas seperti durian dan manggis, bisa disulap menjadi daerah agrowisata durian dan manggis. boleh makan durian dan manggis sepuasnya, diajarin makanan olahan durian dan manggis, menyenangkan bukan..

Untuk daerah peternakan seperti kambing ettawa, bisa juga menjadi desa wisata. Wisatawan diajari cara merawat kambing hias ettawa, diajari memerah susu kambing, mengemas susu kambing, hingga membuat olahan dari susu kambing

Ada banyak ide yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan potensi pendapatan masyarakat desa di Purworejo karena kebudayaan agrarisnya. menjadikan Purworejo tetap sebagai daerah agraris, sekaligus daerah wisata.(kp)

Leave a Reply