kedelai amerika

Ketika Pembuat Tahu Tempe Dicekik Dollar Amerika

Ketika harga daging naik menjadi 100-120 ribu per kg, banyak pihak kalang kabut, pemberitaan di sana sini, KPK pun segera menelisik dan menghasilkan penangkapan kasus suap daging impor. Bagaimana dengan kasus kedelai?

Saat ini banyak perajin tahu tempe yang mulai gulung tikar akibat mahalnya harga kedelai impor. Bila sudah seperti ini maka akan memungkinkan bermunculannya mafia / kartel kedelai yang bisa mempermainkan harga kedelai, mengingat permainan harga selalu membayangi komoditas impor strategis, tanpa menyadari bahwa ulah mereka sangat merugikan hajat hidup orang banyak.

Secara umum, itulah dampak dari belum merdeka nya kita dari bahan pangan yang murah. kedelai menjadi komoditas strategis yang seharusnya bisa dihasilkan sendiri oleh petani negeri ini, sayangnya hingga saat ini sangat jarang ada program intensifikasi kedelai dalam negeri, untuk bisa mengikis ketergantungan kedelai impor, sehingga mudah dipermainkan nilai tukar dan rawan permainan kartel impor.

Bila negeri ini memang bisa menggunakan sistem auto pilot, hanya pertanian lah yang tidak bisa auto pilot, semua harus diupayakan dengan program yang matang dan terarah. Petani pun tidak bisa diandalkan sendirian untuk mengatasi ketergantungan kedelai impor, karena akses mereka terhadap bibit unggul yang masih kurang. Menggunakan kedelai impor pun juga tidak maksimal, karena yang sampai ke Indonesia adalah kedelai turunan terakhir yang hanya bagus untuk konsumsi, tidak untuk ditanam lagi

Rasanya masih merindukan ketika jaman pemimpin kita masih Bp Jusuf  Kalla, beliau bisa mengancam departemen pertanian untuk mengatasi masalah bibit, bila tidak bisa menyediakan bibit unggul, maka gedung gedung Departemen Pertanian akan DISEWAKAN UNTUK BELI BIBIT.

Pada prinsipnya menanam kedelai tidaklah sulit, seperti sayuran lainnya yang bisa dipanen sekitar 3 bulan , tetapi semuanya butuh bibit unggul dan arahan teknis yang tepat agar hasilnya maksimal, selama ini petani menanam kedelai sebagai tanaman selingan, bukan sebagai tanaman utama seperti padi. sisa tanamannya pun berguna untuk menyuburkan lahan untuk tanaman berikutnya.

Kepedulian pemerintah mungkin akan lebih terasa bila masyarakat konsumen tahu tempe melakukan gerakan mogok, misalnya mogok bayar pajak, atau mogok pemilu, sebagai bentuk ekspresi atas pengabaian kesejahteraan rakyat kecil. Mengingat tahun 2013 ini adalah tahun politik, seharusnya tidak ada lagi aksi diam demi pencitraan atas goncangnya ekonomi rakyat kecil

(KotaPurworejo.com  -Indra)

Leave a Reply