Penataan Instalasi Listrik Pasar Perlu Diperhatikan

demi narsis

demi narsis

Terbakarnya Pasar Baledono Purworejo menyisakan banyak PR besar bagi pemerintah dan juga para pedagangnya. Pukulan terberat dialami pedagang yang harus merelakan semua dagangan yang dipersiapkan untuk lebaran, musnah dilalap api.

Dibalik musibah tersebut, ada hikmah yang harus diperhatikan oleh siapapun, yaitu kewaspadaan tentang bahaya instalasi listrik yang tidak aman.
Seringkali kita temui penggunaan alat alat listrik yang rawan korsleting, mulai dari penggunaan kabel yang tidak sebanding dengan arus daya yang dilewati, penggunaan stop kontak utk banyak alat listrik sekaligus, kabel kabel yang sudah saatnya diganti, sambungan kabel yang tidak diisolasi dengan benar, hingga minimnya sekering /MCB pemutus arus di tiap tiap blok.

Bahaya kebakaran bisa terjadi setiap saat tanpa kita sadari, bila kita tidak peduli pada upaya pencegahan musibah tersebut. Pengawasan tiap hari seperti mematikan listrik saat pasar tutup juga menjadi pencegah bahaya kebakaran.

Pasar yang lebih aman dan tertata akan memungkinkan pihak asuransi meluluskan klaim asuransi kerugian tempat usaha, karena bila tempat usaha tidak bisa diasuransikan, tidak ada yang mampu mengalihkan resiko atas kemungkinan terjadinya musibah. (KotaPurworejo.com)

Leave a Reply